Minggu, 18 Juli 2010

salatiga

Salatiga adalah kota kecil yang berada di bawah kaki bukit gunung merbabu. Berudara sejuk pegunungan. Berpenduduk ramah dan murah senyum. Indah dan aroma kedamaian tersebar dimana-mana, ditambah dengan panorama alam yang mengagumkan menjadikan kota ini dirindukan oleh siapa saja yang pernah singgah.

Kota kecil ini dibatasi oleh kabupaten Semarang dari sisi utara, selatan, barat dan timur. Meski kota ini kecil, namun perekonomian berjalan sangat cepat. Regulasi keuangan yang besar, hasil bumi yang melimpah, sumber daya alam yang tinggi dan sumber daya manusia yang berkualitas serta masih banyak kelebihan lain yang dimiliki kota ini. Selain itu, dalam pendidikan, Salatiga memiliki universitas, maupun sekolah tinggi yang bertaraf internasional. Salah satunya adalah Sekolah Internasional (International Collage). Pada Sekolah Internasional ini mayoritas pelajarnya (sekali lagi mayoritas) berasal dari mancanegara seperti Polandia, Jerman, Belanda, Inggris dan lain-lain. STAIN Salatiga yang merupakan STAIN terbaik di Indonesia, UKSW universitas yang besar, SLTP Alternatif Qoryah Thoyyibah Kalibening Salatiga yang unik tapi menghasilkan output yang siswa-siswanya siap tanding dalam kancah nasional. Dan masih banyak lagi.

Salatiga bukanlah “sembarangan” kota sebagaimana kota lainnya. Indonesia akan kacau kalau 3 kotanya diusik, yakni Jakarta, Bali dan Salatiga. Hal ini sesuai dengan pernyataan dari nara sumber yang tidak mau disebut namanya. Kami tidak yakin dengan pernyataan tersebut, tetapi yang menjadi pertanyaan, ada apa dengan Salatiga? Entahlah, kami sendiri tidak tau.

Keberagaman ajaran yang dipeluk oleh penduduk Salatiga lengkap, 6 macam agama berkumpul disini. Tetapi kerukunan hidup sangatlah terjaga. Karena tiap pemeluk saling menghormati, menghargai dan bekerja sama. Sehingga jangan heran jika ada masjid, gereja, pura, vihara ataupun klenteng (tek bio) yang berdampingan. Begitu pula keberagaman organisasi, partai, dan lain-lain tidak menjadikan penduduknya bermusuhan. Meskipun terkadang ada tetapi tetap dapat terkendali dengan pemahaman dan pengertian.

Dipusat-pusat keramaian kota, meskipun hiruk pikuk jalannya roda perekonomian, tata ruang kota sangat diperhatikan. Sehingga kebersihan dan keindahan kota terjaga. Hal ini tentunya memberikan dampak yang positif bagi kesehatan. Selain itu masyarakatnya pun sadar akan kebersihan. Mereka tertib untuk membuang sampah pada tempatnya. Maka pantaslah kalau Salatiga mempunyai semboyan “SALATIGA HATI BERIMAN” yang memiliki makna dan arti bahwa Salatiga adalah kota yang seHAt, terTIb, BERsih, Indah dan aMAN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar